Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dasar Hukum Pemilu Serentak 2019

Dasar hukum pemilu serentak 2019

Dasar hukum pemilu serentak 2019

- Dasar hukum Undang-Undang ini adalah : Pasal 1 ayat (2), Pasal 5 ayat (1), Pasal 6, Pasal 6A, Pasal 18 ayat (3), Pasal 19 ayat (1), Pasal 20, Pasal 22C ayat (1), dan Pasal 22E Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Apa dasar hukum pemilu dan Pilkada?

UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan juga UU No. 10 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

Di dalam pelaksanaan pemilu 2019 dilaksanakan secara serentak apa saja yang dipilih oleh rakyat di dalam pemilu tersebut?

MMCKalteng - Palangka Raya - (14/4) Tanggal 17 April Tahun 2019, Indonesia akan melakukan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang terdiri dari Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tidak terkecuali di Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng).

Apa isi dari Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2003?

(1) Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dilaksanakan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai satu daerah Pemilihan. (2) Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dilaksanakan setiap 5 (lima) tahun sekali pada hari libur atau hari yang diliburkan.

Undang-undang nomor berapakah yang mengatur tentang pemilu tahun 2019?

UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum [JDIH BPK RI]

UU No 7 tahun 2017 berisi tentang apa?

Pemilihan umum tahun 2019 yang dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum merupakan penyelenggaraan pemilihan umum serentak pertama yang menggabungkan pemilihan Anggota DPR, DPD, dan DPRD serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

UU pemilu pasal berapa?

Sesuai dengan ketentuan Pasal 22E Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Pemilu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, Anggota DPD, serta anggota DPRD diselenggarakan berlandaskan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil setiap lima tahun sekali.

Pemilu diatur dalam pasal dan ayat berapa?

Sesuai ketentuan Pasal 22E ayat (6) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pemilihan umum untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah diselenggarakan berlandaskan azas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil setiap lima tahun

Apa isi Pasal 22 UUD NRI Tahun 1945?

(1) Dalam hal ihwal kegentingan yang memaksa, Presiden berhak menetapkan peraturan pemerintah sebagai pengganti undangundang. (2) Peraturan pemerintah itu harus mendapat persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat dalam persidangan yang berikut. (3) Jika tidak mendapat persetujuan, maka peraturan pemerintah itu harus dicabut.

Siapakah yang diperbolehkan menjadi pemilih pada pemilu menurut UU No 7 Tahun 2017?

Pemilih adalah penduduk yang berusia sekurang-kurangnya 17 (tujuh belas) tahun atau sudah/pernah kawin. Peserta Pemilu adalah partai politik dan perseorangan calon anggota DPD. Partai Politik Peserta Pemilu adalah partai politik yang telah memenuhi persyaratan sebagai peserta Pemilu.

Mengapa setiap 5 tahun sekali diadakan pemilihan umum?

Pada umumnya, istilah "pemilu" lebih sering merujuk kepada pemilihan anggota legislatif dan presiden yang diadakan setiap 5 tahun sekali. Pemilu harus dilakukan secara berkala, karena memiliki fungsi sebagai sarana pengawasan bagi rakyat terhadap wakilnya.

Siapa saja yang berhak memilih dalam pemilihan umum?

“Setiap warga negara berhak untuk dipilih dan memilih dalam pemilihan umum berdasarkan persamaan hak melalui pemungutan suara yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.”

Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2003 Tentang apa?

UU Nomor 21 Tahun 2003 tanggal 25 Juli 2003, tentang Pengesahan ILO Convention No. 81 Concerning Labour Inspection In Industry And Commerce (Konvensi ILO No. 81 mengenai Pengawasan Ketenagakerjaan dalam Industri dan Perdagangan.

Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang apa?

(1) Kepolisian Negara Republik Indonesia merupakan alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri.

Apa isi UU No 23 Tahun 2002?

(1) Negara dan pemerintah menjamin perlindungan, pemeliharaan, dan kesejahteraan anak dengan memperhatikan hak dan kewajiban orang tua, wali, atau orang lain yang secara hukum bertanggung jawab terhadap anak. (2) Negara dan pemerintah mengawasi penyelenggaraan perlindungan anak.

Jelaskan apa saja asas pemilu yang berdasarkan Pasal 2 Undang Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu?

Ditegaskan dalam UU ini, Pemilu dilaksanakan berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Bagaimana penyelenggara pemilu menurut UU No 7 tahun 2017?

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum menyebutkan, Penyelenggara Pemilu adalah lembaga yang menyelenggarakan Pemilu yang terdiri atas Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu sebagai satu kesatuan fungsi Penyelenggaraan Pemilu untuk memilih anggota Dewan

Pemilu 2024 memilih apa saja?

Jakarta Selatan, Kominfo - Dewan Perwakilan Rakyat, Pemerintah, dan penyelenggara pemilihan umum (pemilu) sepakat penyelenggaraan pemungutan suara pemilu untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, serta anggota DPD RI dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 14 Februari

Mengapa harus ada pemilihan umum?

Pemilu memiliki fungsi utama untuk menghasilkan kepemimpinan yang benar-benar mendekati kehendak rakyat. Oleh karena itu, pemilu merupakan salah satu sarana legitimasi kekuasaan. Pemilu dapat dikatakan aspiratif dan demokratis apabila memenuhi beberapa persyaratan.

Apa yang dimaksud dengan komisi pemilihan umum?

Komisi Pemilihan Umum (selanjutnya disebut KPU) adalah lembaga Penyelenggara Pemilu yang bersifat nasional, tetap, dan mandiri dalam melaksanakan pemilu.

11 Dasar hukum pemilu serentak 2019 Images

Pin on PM

Pin on PM

misal Teks Doa Upacara Bendera Hari Senin  Teks Doa Bendera

misal Teks Doa Upacara Bendera Hari Senin Teks Doa Bendera

Kalender Pendidikan Prov Jawa Barat 20182019  Pendidikan Kalender

Kalender Pendidikan Prov Jawa Barat 20182019 Pendidikan Kalender

Kalender Pendidikan Kaldik Tahun Pelajaran 20192020 Provinsi Riau

Kalender Pendidikan Kaldik Tahun Pelajaran 20192020 Provinsi Riau

UNTUK DAPIL SUMUT 1 JANGAN LUPA COBLOS SEPERTI BERIKUT  Desain

UNTUK DAPIL SUMUT 1 JANGAN LUPA COBLOS SEPERTI BERIKUT Desain

Memperingati Hari Sejuta Pohon Sedunia 2019  Kuramo Indonesia  Pohon

Memperingati Hari Sejuta Pohon Sedunia 2019 Kuramo Indonesia Pohon

Pin on ASPIRASIMALUTCOM

Pin on ASPIRASIMALUTCOM

Pin oleh Ello Nurani di Jokes  Kutipan humor Ungkapan lucu Kutipan lucu

Pin oleh Ello Nurani di Jokes Kutipan humor Ungkapan lucu Kutipan lucu

Bawaslu Logo Vector  Vector logo  logo Custom logos

Bawaslu Logo Vector Vector logo logo Custom logos

Hasil gambar untuk teks uud 1945 lengkap  Teks Hukum Tulisan

Hasil gambar untuk teks uud 1945 lengkap Teks Hukum Tulisan

Post a Comment for "Dasar Hukum Pemilu Serentak 2019"